Senin, 01 Oktober 2012

Menganalisa Paket

Packet Sniffing adalah suatu kegiatan atau aktivitas menyadap suatu jaringan, kegiatan ini dapat mengetahui lalu lintas paket dalam suatu jaringan. Sniffing bisa dilakukan menggunakan program sniffer, yaitu WireShark, tcpdump, Ettercap, dSniff, dan lainnya.

Sniffing dibagi menjadi 2, yaitu :

1. Passive sniffing adalah suatu kegiatan penyadapan tanpa merubah data atau paket apapun di jaringan. Passive sniffing yang umum di lakukan yaitu pada Hub, hal ini di sebabkan karena prinsip kerja hub yang hanya bertugas meneruskan signal ke semua komputer (broadcast), berbeda dengan switch yang mempunyai cara untuk menghindari collision atau bentrokan yang terjadi pada hub dengan membaca MAC address komputer.

2. Active sniffing adalah kegiatan sniffing yang dapat melakukan perubahan paket data dalam jaringan agar bisa melakukan sniffing, active sniffing dengan kata lain merupakan kebalikan dari passive sniffing. Active sniffing umumnya di lakukan pada Switch, hal ini di dasar karena perbedaan prinsip kerja antara Hub dan Switch, seperti yang di jelaskan di atas.

Sekilas dari pengertian diatas kegiatan sniffing adalah kegiatan yang sangat merugikan. Namun semua kembali ke pribadi masing-masing. Jika digunakan dengan baik sniffing mempunyai banyak fungsi, diantaranya :
  • Memonitor penggunaan jaringan dan menyaring isi-isi tertentu
  • Mendeteksi adanya penyelundup dalam jaringan
  • Mendeteksi adanya gangguan dalam jaringan sehingga dapat segera memperbaiki
  • Mengetahui informasi pribadi dari pengguna jaringan, misal ID dan password
Sniffing sendiri merupakan suatu tindakan yang sangat sulit untuk di cegah. Tidak ada solusi yang mudah, cepat, dan aman, yang bisa kita lakukan untuk mencecegah serangan semacam ini. Namun tentunya, kita bisa meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi di kemudian hari. Hal yang paling cepat di gunakan dan tidak memakan biaya besar adalah penggunaan enkripsi sehingga data-data yang lalu lalang di dalam jaringan kita sangat sulit untuk di baca.


Sumber : Wikipedia dan rodcysky.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar